12 September 2023 9:32 am

Apakah Payudara Besar Sebelah Normal atau Masalah?

Apakah Payudara Besar Sebelah Normal atau Masalah?
Biasanya, para wanita memberikan perhatian lebih pada setiap bagian tubuhnya. Misalnya, kaki yang terlihat kurang jenjang atau bulu mata yang kurang lentik. Namun, pernahkan kamu memberikan perhatian pada bentuk payudara?

Pada wanita dewasa, ukuran payudara kanan dan kiri bisa jadi berbeda. Lalu, apakah kondisi ini normal? Dari sisi medis, kondisi payudara besar sebelah ternyata dianggap sebagai hal yang wajar. Namun, perlu dicatat bahwa perbedaan antara payudara kanan dan kiri seharusnya tidak terlalu signifikan.

Penyebab Payudara Besar Sebelah

-
Payudara besar sebelah adalah hal yang normal dan banyak wanita mengalaminya. Bagi anak remaja perempuan, salah satu payudara bisa berkembang lebih cepat daripada yang lain. Perbedaan ukuran payudara ini bahkan bisa terlihat sangat jelas. Namun, adalah hal yang normal juga untuk memiliki ukuran payudara yang berbeda, bahkan ketika keduanya sudah berkembang penuh.

Ada sejumlah alasan mengapa ukuran dan volume payudara wanita besar sebelah, antara lain trauma, pubertas, dan perubahan hormonal. Perlu diketahui, jaringan payudara kamu bisa berubah saat berovulasi dan seringkali terasa lebih penuh dan sensitif. Pada masa ini, payudara biasanya akan terlihat lebih besar sebelah, karena berkembang dari retensi air dan aliran darah. Namun, selama siklus menstruasi, mereka akan kembali ke ukuran normal.

Penyebab lain untuk payudara besar sebelah atau asimetris adalah suatu kondisi yang disebut hipertrofi payudara remaja. Meskipun jarang terjadi, hal itu bisa menyebabkan satu payudara tumbuh lebih besar secara signifikan dibanding yang lain. Kondisi tersebut bisa diperbaiki dengan operasi, tetapi bisa menyebabkan sejumlah masalah psikologis dan rasa tidak aman.

Cara Menjaga Kesehatan Payudara

-
Payudara besar sebelah biasanya bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Alih-alih memikirkan hal tersebut, kamu bisa memberi perhatian terhadap kesehatan kedua payudara. Cara paling sederhana adalah dengan berolahraga dan juga menjaga pola makan dengan teratur dan sehat.

Selain itu, dilansir dari situs All Womens Talk, ada enam cara untuk menjaga keindahan payudara.

  • Pilih Bra yang Pas
Jangan asal pilih bra karena warna atau bentuknya yang kamu suka. Namun, pilih bra yang memang kamu butuhkan dan tentu saja bisa pas dikenakan. Kondisi payudara bisa berubah sesuai dengan hormon. Nah, ada saat payudara bisa membesar dan meregang, sehingga memilih bra yang tepat sangat penting agar bentuk dan kenyamanan payudara tetap terjaga.

Payudara juga Butuh Pelembap
Tidak hanya bagian kulit yang terbuka saja yang butuh pelembap. Payudara kamu pun butuh pelembab agar kulit tetap lembut dan lembab. Kamu bisa menggunakan lotion pelembab kulit yang biasa kamu gunakan untuk tangan dan kaki. Namun, sebelum mencobanya, aplikasikan sedikit dulu untuk mengetes apakah kulit bagian payudara sensitif atau tidak.

  • Bikini? Pakai Sunscreen
Menikmati liburan di pantai membuat kamu hanya fokus melindungi bagian kulit yang “umum” saja, seperti, tangan, kaki, leher, dan wajah. Padahal, kalau kamu menggunakan pakaian yang terbuka di bagian dada atau punggung, kamu butuh tabir surya di bagian tubuh itu. Jadi, aplikasikan menyeluruh pada kulit yang terbuka, jangan hanya pada bagian tubuh yang umum saja, ya.

  • Pijat Payudara
Sangat penting untuk menjaga kesehatan payudara, dan pemeriksaan dini terhadap payudara agar terhindar dari ancaman kanker atau tumor sebaiknya dilakukan rutin. Pemeriksaan payudara sendiri bisa dilakukan dengan meraba payudara atau memberikan pijatan pada payudara. Jika kamu menemukan benjolan yang tidak wajar, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih lanjut. Kamu bisa melakukan pemeriksaan payudara di rumah sakit pilihan kamu dengan buat janji melalui aplikasi Halodoc.

  • Konsumsi Makanan Sehat
Menjaga kesehatan payudara pun perlu dilakukan dari dalam, yakni dengan konsumsi makanan seperti peach, salmon, brokoli, minyak zaitun, kopi, dan kacang-kacangan. Jenis makanan-makanan ini bisa membantu menutrisi payudara dari dalam. Jadi jangan lupa tambahkan menu ini dalam daftar makanan kamu, ya.

Produk Rekomendasi
Blog Post Lainnya
Social Media
Alamat
082113308267
082113308267
082113308267
cs@dearelsa.id
elsaschoiceofficial@gmail.com
PT. Elsa Embrace Indonesia ®-